Jumat, 12 Juni 2015



Bila stress dibiarkan berkepanjangan akan berpengaruh terhadap kondisi psikologi,relasi dan kesehatan. (Lead)
Diantara kita, tentu pernah mengalami stress dengan pekerjaan, meskipun itu passion kita.  Stres merupakan gangguan fisik maupun non fisik, yang disebabkan oleh ketakmampuan seseorang menghadapi berbagai tuntutan terhadap dirinya.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan American Psycholgical Association pada 2013, sers yang berkaitan dengan pekerjaan isu yang perlu mendapatkan perhatian serius. Namun, tidak semua orang dapat mengola stres dengan baik. Masih jarang juga tempat kerja yang menyediakan sumber daya memadai untuk dapat membantu mengelola stres mereka.
Menurut Dra. Ine Indriani, M.Psi. spesialis psikolg Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, ada beberapa faktor yang dapat memcu sters ditempat kerja, seperti gaji tidak sesuai dengan yang diharapkan, deskripsi pekerjaan yang tidak jelas, beban kerja berlebihan, tidak mendapatkan kesempatan berkembang, pekerjaan ttidak menanang, lingkungan kerja kurang nyaman, tida memiliki kendali terhadap pekerjaan terkait, konflik dengan atasan ataupun rekan kerja, dan setting kerja tidak nyaman, tidak memiliki kendali terhadap pekerjaan yang terkait, oonflik dengan atasan ataupun rekan keraj, dan setting kerja tidak yaman yang menyangkut krang privasi, terlalu banak polusi, serta fasilitas kurang mendukung.
Ine menambbahkan, bila stres dibiarkan berkepanjangan akan berpengaruh terhadap kondisi psikologi, relasi da juga kesehatan.”Dampak yang akan timbul antara lain emosi tidak stabil, cemas, sulit konsentrsi , mengganggu hubungan dengan rekan  kerja, relasi pasangan dan kelarga, sakit kepala, maag, tekanan darah, serta menurun system imun,”ungkapnya.
Dalam mengelola stres, banyak diantara kita melawannya dengan kegiatan yang tidak sehat, misalnya, makan berlebihan, konsumsi junk food , kafein berlebihan, merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan mencoba obat-obatan terlarang.

Padahal, sambungannya, ada cara-cara yang lebih sehat untuk mengelola stres dengan baik,

0 komentar:

Posting Komentar