Jumat, 12 Juni 2015


Stres karena pekerjaan lazin dialami kaum ekerja. Hal itu dapat mamicu gangguan psikologi, relasi dan kesehatan. Berikt cara sehat melawan stress berdasarkan catatan dari Dra. Ine Indriani, M.Psi., spesialis psikologi Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk. (Lead)
Mengenal Diri Sendiri
Untuk mengenal diri sendiri, kenali dulu pikiran, perasaan, kondisi lingkungan, reaksi lazim selama stress: cenderung untuk lari dari masalah , menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, mengalihkan kekebiasaan negative atau mengahadapi masalah tersebut? Ingat tindakan negatif akan memperburuk keadaan.
Kegiatan Positif
Jika sters, lakukan hal-hal berbau positif untuk melawan niat melakukan perbuatan negative. Menjaga batasan pada diri sendiri terhadap dunia kerja, beri kesempatan me-recharge energy degan berlibur, melakukan kegiatan hobi, dan cobalah untuk berdiskusi dengan atasan. Buatlah rencana kerja dengan baik untuk setiap harinya.
Mencari Dukungan Kerja
Cobalah untuk mencari dkungan  dari keluarga, rekan erja atau eman yang anda percaya. Berpikirlah bahwa anda tidak sendirian, ada orang-orang yang juga pernah mengalami stress
Belajar dari Idola
Mencari informasi cara mengelola stress dari orang yang diidolakkan, yang mampu member inspirasi bagi Anda.
Konsultasi

Jika di perusahaan anda memliki employee assistance program (EAP), Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang penanganan stress atau mencari informasi ketersediaan konseling karyaan. Bila tidak tersedia , isa konsultasi ke profesonal, seperti psikolg yang dapat membantu mengatasi dan mengelola stress, serta mengubah perilaku negatif.

0 komentar:

Posting Komentar